Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Mahasiswa Desain dan Manajemen Produk

  1. Menguasai konsep teoritis tentang desain produk, analisis dan sintesis data perancangan, serta prinsip dan aspek desain.
  2. Menguasai konsep teoritis manajemen pemasaran dan siklus hidup produk.
  3. Menguasai metodologi desain dan riset pasar.
  4. Menguasai prinsip-prinsip ekonomis dan analisis biaya.
  5. Menguasai teknik penggunaan peralatan terkini di bidang perancangan dan pembuatan produk.
  6. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan memetakan kebutuhan pasar dan membaca tren pengembangan produk, serta menerjemahkannya menjadi konsep desain.
  7. Mampu mengembangkan ide inovatif menjadi desain produk akhir dalam bentuk sketsa, model dan/atau skema,yang dikomunikasikan melalui rancangan digital modeling 2 dan 3 dimensi.
  8. Mampu mendokumentasikan proses desain berupa laporan perancangan.
  9. Mampu mengevaluasi desain produk akhir dari segi fungsional maupun bentuk dengan melakukan pengujian rancangan dan prototype.
  10. Mampu mempersiapkan, melaksanakan, serta mengevaluasi strategic launch dan manajemen produk; market testing; mampu menyusun siklus hidup produk serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk dalam masyarakat.
  11. Mampu meningkatkan nilai desain produk akhir dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung melalui komunikasi visual.
  12. Mampu menyusun jadwal proyek desain.

Capaian Pembelajaran Mahasiswa Desain Fashion dan Produk Lifestyle

  1. Menguasai konsep teoritis desain fesyen dan produk lifestyle, analisis dan sintesis data perancangan, serta prinsip dan aspek-aspek desain.
  2. Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen.
  3. Menguasai metodologi penelitian desain dan riset pasar.
  4. Menguasai prinsip-prinsip ekonomi dan analisis biaya.
  5. Menguasai teknik penggunaan peralatan terkini di bidang perancangan dan pembuatan produk fesyen.
  6. Mampu mengidentifikasikan kebutuhan pasar, membaca serta meramalkan tren pengembangan fesyen dan produk lifestyle melalui riset pasar kualitatif dan kuantitatif dan menerjemahkannya menjadi konsep desain yang inovatif dengan memperhatikan aspek-aspek desain.
  7. Mampu mengembangkan ide dan merancang fesyen dan produk lifestyle dengan memperhatikan aspek-aspek desain yang dikomunikasikan melalui digital dan/atau manual modeling 2 dan 3 dimensi.
  8. Mampu mendokumentasikan proses desain berupa laporan perancangan.
  9. Mampu mengevaluasi hasil rancangan fesyen dan produk lifestyle dari sudut pandang estetika, ekonomi, pengguna, sosial-budaya, dan lingkungan dengan melakukan pengujian rancangan dan prototype.
  10. Mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar.
  11. Mampu meningkatkan nilai produk akhir dengan mendayagunakan unsur-unsur komunikasi visual.
  12. Mampu menggunakan teknik, ketrampilan, dan peralatan terkini untuk praktek perancangan dan produksi fesyen dan produk lifestyle.