Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya menggelar Lustrum Creative (Lutive) Festival yang kedua sebagai peringatan ulang tahun yang ke-10 tahun. Acara tersebut digelar selama tiga hari, dari tanggal 15 hingga 17 juli 2022.

Berdasarkan informasi yang diterima suarasurabaya.net. Acara tersebut bertema “Unleash Your Inner Hero”. Beragam karya mahasiswa dipamerkan dalam perayaan tersebut. Saat malam puncak, FIK Ubaya melaunching buku tentang industri kreatif dan matching fund. Minggu (17/7/2022) pukul 16.45 di Amphitheater Pakuwon City Mall.

Brian Kurniawan Jaya, Ketua Panitia Lutive Festival menjelaskan tema kali ini sebagai ajakan pada seluruh masyarakat untuk mengeluarkan sisi kepahlawanan dari dalam diri agar berguna bagi orang lain.

“Semua orang memiliki sisi kepahlawanan. Melalui acara lustrum, kami mau mendorong masyarakat agar dapat mengimplementasikannya lewat karya,” jelas Brian.

Acara tersebut menggelar pameran, workshop, performance dari mahasiswa, dan pemberian awarding kepada pemenang lomba Lutive Festival 2022.

Saat hari terakhir acara, FIK Ubaya melaunching buku berjudul “Industri Oranye: Menakar Potensi Industri yang Menggunakan Kreativitas sebagai Bahan Bakar Ekonomi Abad XXI”. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman FIK berkarya di industri kreatif selama 10 tahun yang ditunjang dengan perkembangannya di Indonesia.

Prof. Ir. Markus Hartono Dekan mengatakan, buku ini dapat diakses secara gratis melalui website resmi FIK Ubaya https://industrikreatif.ubaya.ac.id/.

Ia juga berharap, acara Lutive Festival FIK Ubaya kedua ini, dapat memperkenalkan hasil kreativitas mahasiswa FIK Ubaya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga semua produk kami dapat dikenal dan memberikan kontribusi bagi kebutuhan masyarakat masa kini,” pungkasnya. (des/rst)


Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Mahasiswa Ubaya Pamerkan Design Fashion di Lustrum ke-2 FIK Ubaya, https://surabaya.tribunnews.com/2022/07/17/mahasiswa-ubaya-pamerkan-design-fashion-di-lustrum-ke-2-fik-ubaya.
Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: irwan sy

SURYA.co.id | SURABAYA – Puluhan karya desain mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) dipamerkan di publik sebagai rangkaian Lustrum Creative (Lutive) Festival ke-2 Fik Ubaya di Amphitheater Pakuwon City Mall, Minggu (17/7/2022).

Design kreatif para mahasiswa ini turut menyita perhatian para pengunjung mall.

Seperti design fashion karya Felisitas Yudit Hartandyo, mahasiswa semester enam Program Studi Design Fashion dan Produk Lifestyle.

Bertemakan Local Content Design Project (LCDP), Felis berhasil membuat busana dengan inspirasi Tarian Selampit Delapan yang ia namakan Harmonia.

“Ide style itu saya dapat dari inspirasi gerakan tariannya yang luwes. Makanya saya buat roknya panjang sama besar itu karena Tarian Selampit Delapan banyak gerakan memutar jadi biar lebih kelihatan movementnya roknya besar dan panjang,” ujarnya pada SURYA.CO.ID.

Dikatakan Felis, ia memilih tarian asal Jambi ini karena tariannya terlihat hangat dan gembira.

Apalagi dokumetasi tentang Tarian Selampit Delapan agak susah dicari, sehingga ia ingin lebih banyak menggali tarian ini sebagai bagian dari project besar yang pertama kali dibuatnya. 

“Jadi karena konsep dan produksi sendiri, keluar biaya yang lumayan banyak. Apalagi saya membuat long tiered dress jadi pengeluaran buat kain polos banyak ditambah kain print yang mahal jadi to much expenses dalam 1 project,” kenangnya.

Disadur dari https://surabaya.tribunnews.com/2022/07/17/mahasiswa-ubaya-pamerkan-design-fashion-di-lustrum-ke-2-fik-ubaya


No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× How can I help you?