Workshop Natural Dyeing Strobilanthes
19 Juli 2017

Dilatarbelakangi semangat green product, Fakultas Industri Kreatif UBAYA bekerja sama dengan Pusat Bisnis dan Industri (PUSBIN) untuk menggelas workshop pewarnaan tekstil dengan bahan alami. Dengan teknik Shibori, peserta workshop diajak menggunakan pewarna dari daun tanaman Indigovera jenis Strobilanthes Cusia yang bisa menghasilkan warna biru. 

Narasumber workshop ini sendiri adalah Marina Gosali, seorang pakar pewarnaan alam serta penggiat seni Shibori. Teknik seni Shibori ini sendiri merupakan teknik asli Jepang yang menghasilkan nuansa, pola dan hasil yang unik. Dalam workshop diajarkan teknik Itajime Shibori (melipat), Ori Nui Shibori (jelujur) dan Kanoko Shibori (ikat). Workshop ini diikuti oleh 15 peserta dari siswa-siswi SMA, komunitas kreatif, dan juga alumni FIK UBAYA. 

Pertama-tama, daun tanaman indigovera ini harus diolah dalam bentuk pasta yang kemudian dijadikan cairan pewarna biru. Peserta yang telah selesai membuat pola ikatan atau lipatan kemudian mencelupkan kain ke pewarna. Untuk mencapai tingkat kecerahan warna yang setara dengan pewarna kimia, tekstil harus dicelupkan berulang-ulang sebanyak 4-5 kali. 

Menurut ketua acara, Guguh Sujatmiko S.T., M.Ds yang juga merupakan salah satu dosen FIK, hasil belajar akan digunakan sebagai bahan research untuk kelas fashion. Hasil penelitian tentunya akan dipakai untuk mendesain pakaian di beberapa mata kuliah.