FIK Pamerkan Karya Busana Bertema Buah Asli Indone
01 Juli 2017

Dalam rangka memperingati Hari Buah Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Juli, sebanyak 14 mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya melakukan pawai dengan mengenakan busana berbentuk buah-buahan asli Indonesia. Tujuan pawai ini tidak lain adalah untuk mengajak masyarakat agar gemar mengonsumsi buah. 

Busana tersebut merupakan hasil karya dari para mahasiswa yang tergabung dalam Program Studi Desain dan Manajemen Produk (DMP) serta Program Kekhususan Desain Fashion dan Produk Lifestyle (DFPL). Menurut ketua panitia dari mahasiswa, Brian Kurniawan Jaya, dengan melakukan pawai bertemakan buah ini ia berharap warga Surabaya akan lebih sering mengonsumsi buah-buahan asli Indonesia, seperti Nanas Subang, Nanas Batu, Manggis, Belimbing, Durian Petruk, Pepaya, Mengkudu, Nangka, Delima, Rambutan Binjai, Salak Pondoh, serta Jambu Air. 

Selanjutnya Brian mengungkapkan bahwa kostum ini telah dipersiapkan selama 2 bulan. Satu kostumnya dibuat oleh 4-5 mahasiswa dengan paduan bahan seperti kain, kawat, plastik, spon eva, borci, kertas, serta alat perekat lain. 

Prayogo Widyastoto Waluyo, selaku dosen pembina menambahkan, selain untuk mengajak masyarakan mengonsumsi buah, proyek kegiatan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian acara lustrum Fakultas Industri Kreatif UBAYA yang bertemakan CreatInCity. Kostum ini sendiri merupakan bagian dari mata kuliah Rupa Dasar 2 dan mata kuliah Kreativitas.