Pendidikan Karakter

Demi tercapainya kriteria lulusan FIK, maka pendidikan karakter menjadi hal yang penting dalam pembelajaran di Fakultas Industri Kreatif. Terdapat empat jenis pendidikan karakter yang diberikan saat mahasiswa belajar di FIK beriku penjelasannya lebih lanjut

Bimbingan Softskill

1. Mengadakan pekan pengembangan kemahasiswaan melalui kegiatan-kegiatan yang dikemas dalam bentuk diskusi, seminar, dan pelatihan.

2. Mengadakan UEP (University Education Program).

3. Mengadakan sarasehan. Sarasehan merupakan kegiatan yang bertujuan agar setiap civitas akademika FIk menjadi lebih mengenal satu sama lain. Pada acara tersebut, mahasiswa juga diberikan kesempatan yang lebih intens untuk dapat mengeluarkan pemikiran serta saran-sarannya. Semua kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk aktivitas yang menarik dan menyenangkan.

 

Minat dan Bakat

Organisasi kemahasiswaan merupakan sarana pengembangan ke arah peningkatan kecerdasan, integritas kepribadian dan kemampuan berorganisasi. Melalui organisasi mahasiswa akan memiliki peluang untuk mengenal, memahami, melatih diri dan melakukan kegiatan untuk menyalurkan kebutuhan mereka di bidang penalaran dan keilmuan, minat, kegemaran, serta kerohanian.

 

Organisasi kemahasiswaan terbagi atas:

1. Organisasi Kemahasiswaan di Tingkat Universitas (Majelis Perwakilan Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa).

2. Organisasi Kemahasiswaan di Tingkat Fakultas (Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas, Senat Mahasiswa Fakultas, Kelompok Studi Mahasiswa Fakultas, Kelompok Minat Mahasiswa Fakultas).

 

 

Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Surabaya saat ini antara lain :

UKM Penalaran, UKM Bola Basket, UKM Bola Voli, UKM Sepak Bola, UKM Silat (Perisai Diri), UKM Taekwon-Do, UKM Kempo, UKM Karate, UKM Pecinta Alam (MAPAUS), UKM Tenis Meja, UKM Tenis Lapangan, UKM Catur, UKM Renang dan Selam, UKM Bulu Tangkis, UKM Bridge, UKM Ju-Jitsu, UKM Paduan Suara, UKM Tari, UKM Vocal Group, UKM Seni Musik, UKM Teater, UKM Sat Menwa \\\\\\\\\\\\\\\'815\\\\\\\\\\\\\\\', UKM Kerohanian Islam, UKM Kerohanian Kristen Katolik, UKM Kerohanian Kristen Protestan, UKM Kerohanian Budha, UKM Kerohanian Hindu, UKM Medical Rescue, UKM Fitness, UKM Advertising.

 

Bimbingan Konseling

Layanan pendampingan dan konseling diberikan kepada mahasiswa melalui Academic Advisor (AA), yang merupakan pengajar dari jurusan/program studi/program kekhususan yang bersangkutan.

Bentuk kegiatan pendampingan antara lain:

1. Memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai dunia pendidikan tinggi.

2. Memberikan informasi mengenai kehidupan mahasiswa, kehidupan remaja menjelang dewasa, beserta kemungkinan-kemungkinan permasalahan yang dihadapi.

3. Memberikan informasi tentang bagaimana mahasiswa dapat menggali potensinya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terkait dengan pendidikan dan pengajaran, kehidupan pribadi dan kehidupan sosial.

4. Melakukan aktivitas konseling kepada mahasiswa yang mengalami masalah kesulitan belajar, pergaulan, keluarga, pacaran, seksualitas, ketergantungan terhadap obat, konflik, kecemasan, ketakutan dan lain sebagainya.

5. Melakukan aktivitas konseling karier, dengan memberikan informasi dan pemahaman secara komprehensif tentang dunia kerja serta keterampilan-keterampilan kritis yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

 

Pelaksanaan:

Waktu bimbingan dan konseling dilakukan pada hari  dan  jam kerja menurut waktu perjanjian antara Academic Advisor (AA) dengan mahasiswa. Bentuk pelaksanaan idealnya dilakukan secara langsung (tatap muka) namun tidak tertutup kemungkinan dilakukan melalui media online.

 

 

 

Meet the Parent